Kamis, 10 September 2015

Kompetensi Bidan

Kompetensi bidan adalah pengetahuan dan keterampilan serta perilaku yang harus dimiliki oleh seorang Bidan dalam melaksanakan praktek kebidanan secara aman dan bertanggung jawab pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan.
Kompetensi Bidan Indonesi :

  1. Bidan mempunyai persyaratan pengetahuan dan keterampilan dari ilmu-ilmu sosial, ilmu-ilmu kesehatan dan kesehatan masyarakat serta etik, yang membentuk dasar asuhan yang bermutu tinggi sesuai dengan budaya untuk wanita, bayi baru lahir dan keluarganya.
  2. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, pendidikan kesehatan yang tanggap terhadap budaya dan pelayanan yang menyeluruh di masyarakat dalam rangka meningkatkan kehidupan keluarg yang sehat, perencanaan kehamilan dan kesiapan menjadi orang tua.
  3. Bidan melakukan asuhan antenatal bermutu tinggi untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan yang meliputi: deteksi dini, pengobatan atau rujukan dari komplikasi tertentu.
  4. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, tanggap terhadap kebudayaan setempat selama persalinan, memimpin persalinan yang bersih dan aman, menangani situasi kegawatdaruratan tertentu untuk mengoptimalkan kesehatan wanita dan bayinya.
  5. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi pada ibu nifas dan menyusui serta tanggap terhadap kebudayaan setempat.
  6. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi dan komprehensif pada bayi baru lahir sampai satu bulan.
  7. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi dan komprehensif pada bayi dan balita sehat 1 bulan - 5 tahun.
  8. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi dan komprehensif pada keluarga, kelompok dan madyarakat sesuai dengan budaya setempat.
  9. Bidan melaksanakan asuhan kebidanan pada wanita/ibu dengang ganggu sistem reproduksi

Dikutip dari:
"Bidan Profesiku" Penulis Bunda Tercinta Dr.Hj.Suryani Soepardan, MM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar